Selasa, 11 Oktober 2011

Pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Kyai Ghufron Sya’roni, Pengasuh API Assalafi Banjaranyar Pekuncen Banyumas.

Kebiasaan-kebiasaan atau adat istiadat yang ada ditengah masyarakat kita yang dohrmati bagi orang yang telah meninggal dunia adalah hari kematiannya. Sedangkan Nabi Muhammad SAW yang dihormati atau diistimewakan adalah hari kelahirannya.
Nabi Muhammad SAW sebagai mahluk Allah yang istimewa :
Dalam ayat kursi telah diterangkan :
1. Allah tidak akan menciptakan Dunia ini kalau Nabi Muhammad SAW tidak akan lahir di dunia.
2. Mas kawin Nabi Adam AS dengan Siti Hawa maskawinnya menyebutkan Nama Muhammad SAW.
3. Satu-satunya pemimpin ummat yang bertanggungjawab;

read more 

Di padang makhsyar orang semua bingung, datang untuk meminta pertolongan ke Nabi Adam AS dan sterusnya. Namun jawab mereka tidak sanggup untuk menolong orang-orang yang sedang kebingan tersebut. Mereka tidak pernah menanyakan kepada Allah SWT bagaimana nasib umatnya di hari kiamat, kecuali Nabi Muhammad SAW. Beliau tak pernah menanyakan nasibnya sendiri dan keluarganya, melainkan ummatnya kelak di hari kiamat.
“Setiap ummatku akan masuk surge kecuali orang yang tidak mau,” (Illa man Abaa). Orang yang mau masuk surge yaitu orang yang mau mengikuti perintah Allah SWT dan mengikuti sunah-sunah Nabi Muhammad SAW. Dan orang-orang yang tidak mau masuk surge adalah mereka-mereka yang maksiat kepada Allah SAW dan tidak mau melaksanakan sunah-sunah Nabi Muhammad SAW.
Nabi Muhammad mendapat gelar Al Amin bukan dari orang Islam melainkan dari orang kafir Quraisy.
Karena kejujuran dan kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW maka beliau dihormati tidak saja oleh ummatnya melainkan juga musuh-musuhnya.
Menjadi orang yang terhormat :
1. Hiasi kepalamu denga ilmu yang berwawasan kedepan.
Akal, merupakan pembeda antara hewan dan manusia (hayawanunnatik).
Tsa’labah ketika melarat betapa rajinnya ia beribadah. Namun ketika dicoba kekayaan dengan dengan ternaknya yang melimpah iapun tidak lagi sempat beribadah.
Ini menunjukkan betapa orang tahu agama tapi tidak memikirkan perbuatan mana yang benar dan mana yang salah.
Ketika akal berjalan diluar rel maka manusia derajatnya akan lebih rendah dari hewan.
Pornografi :
Bangunan manusia dan hewan sama, ada kepala ada kaki ada dan seterusnya. Tetapi manusia mempunya ruh dan hati nurani. Kasihan buat untuk gitu-gituan.
Iblis telah menjdi seteru manusia sejak jaman adam baru dicipyakan. Allah memerintahkan kepada iblis untuk sujud kepada Ada. Karena kesombongan dan gengsinya Iblis menolak, karena derajatnya merasa lebih tinggi dari Adam yang dibuat dari tanah, sedang ia terbuat dari api.
Tetapi malaikat tidak menolak perintah Allah bersujud kepada Adam karena tidak melihat dari Adam diciptakan melainkan malaikat sujud karena yang memerintahkan Allah SWt.
Demikian juga umar ketika mencium hajar Aswad, dia tidak melihat batunya melainkan beliau lakukan karena nabi Muhammmad SAW pun melakukannya.

2. Jayyinuu quluubukum bittaqwa.
Liputi/hiasi hatimu dengan Taqwa.
Kalau akal manusia sesuai atau sejalan dengan norma agama maka manusia akan lebih tinggi dari pada hewan.
Namu manusia harus sadar, hatinya akan selalu dipengaruhi dua unsure; Malakiyah dan Syaithoniyah.
Dalam diri manusia sudah ada nafsu, sebelum setan datang di dalam diri kita sudah ada nafsu yang mempengaruhi tindakan kita, maka akan lebih mudah ketika setan akan lebih mudah mempengaruhi dari pada Malaikat. Maka cenderungan manusia maksiatnya lebih banyak dari perbuatan baiknya.
Nabi Muhammad SAW memiliki sifat yang tegas dan juga kasih saying.(rukhamaau bainahum).
Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Syaitan:
Nabi : programmu untuk ummatku apa?
Setan : merusak manusia, dengan menjadikan manusia selalu bermaksiat dan melakukan dosa.
Nabi : apa kelemahan kamu?
Setan : Kelemahanku ketika umatmu membaca Lailahaillallah dan istighfar/ Astaghfirullahal’adlim.
Ketika setan mempengaruhi orang alim tidak mau berbuat maksiat maka setan akan mempengaruhi dirinya dengan kesombongannya dengan mengatakan akulah orang yang paling benar, akulah orang yang paling baik………….

3. Hiasi tingkah lakumu dengan ahlak mulia.
Minuman keras merupakan sumber kejahatan (ummahatulkhoto). Barseso sulit sekali dipengaruhi untuk melakukan perbuatan maksiat. Namun ketika mendapatkan pilihan-pilihan anatara membunuh atau meminum-minuman keras ia lebih memilih minuman keras. Dan ahirnya dengan minuman keras ini justru menjadi pintu pembuka perbuatan-perbuatan jahat. Dengan keadaan mabuk dia melakukan perjinahan dengan disusul dengan pembunuhan.
Tanda-tanda ahlak yang baik;
Momobongna masyarakat(konteks agama).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.