Rabu, 12 Oktober 2011

Pancasan Dream Land Park


Banyumas sebuah daerah kabupaten yang dari segi geografis sember alam terbatas dan jauh dari daerah pesisir sehingga tidak memungkinkan memiliki keleluasan dalam pengembangan pabrik-pabrik besar industri.

Menyadari hal itu pemda memaksimalkan potensi yang sumber alam yang ada. Selama ini Banyumas dalam industri jasa terfokus pada Baturaden sehingga bermilyar-milyar dana APBD mengucur deras ke wahana wisata unggulan Banyumas.
Sebagai penghasil terbesar devisa di bidang jasa sudah sewajarnya dana APBD terus menerus mengucur ke tempat rekreasi yang telah menasional itu.

Namun sangatlah disayangkan kalau Pemda hanya berkutat pada satu lokasi pendulang devisa sedang potensi-potensi yang ada di sekitar Banyumas memang ada dan layak untuk diekplor dan dikembangkan seperti potensi alam yang ada di Pancasan Kecamatan Ajibarang.

Pancasan sejak dulu merupakan salah satu desa yang memiliki potensi alam dengan sumber airnya. Di Pancasan ada pabrik air mineral terbesar di Banyumas, sebagai sumber air bersih PDAM Kecamatan Wangon dan sekitarnya, belum puluhan perusahaan air swasta untuk desa di kecamatan Ajibarang bagian selatan.

Pancasan juga memiliki kolam Renang Tirta Alami yang telah melegenda sejak jaman kolonial Belanda dulu.

Kolonial Belanda bahkan telah memanfaatkan potensi alam Pancasan dengan membangun Pabrik Tapioka yang terbesar di Banyumas dan sempat Berjaya sampai dengan tahun 1980-an.

PT Pancasan selaku investor Pancasan Dream Land Park sangat paham potensi sumber alam yang ada di Pancasan  ketika melihat banyak asset yang masih dapat dikembangkan seperti Pabrik Tapioka yang telah lama mati dan terbengkelai. Serta Puluhan  sumber air jernih yang belum dimaksimalkan kemanfaatannya.

Pembangunan Pancasan Dream Land Park  menjadi wahana wisata pilihan warga Banyumas dan sekitarnya yang telah mendapat lampu hijau dari Bupati,  diharapkan juga akan menambah income perkapita khususnya warga sekitar pembangunan pusat jasa rekreasi di Banyumas Barat tersebut.

Ajibarang, 4 Maret 2011

Imam Burhanuddin, mantan Ketua BPD Desa Pancasan Kec. Pancasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar