Minggu, 03 November 2013

SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang Mengusahakan Siswa Lebih Familiar Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI)

Kunjungan Industri
SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang
Kepala Sekolah, Adi Susanto, S. Farm, Apt foto bersama  siswa SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang di MAJT  (dok. abah-arul)

Banyu bening (31/10/2013) : SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang belum lama ini (Kamis, 24/10/2013) telah mengadakan kunjungan industri ke dua perusahaan besar dan  satu rumah Sakit ternama di Semarang.



Kunjungan industri yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan konsep Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diikuti seluruh  siswa yang telah memenuhi syarat wajib melaksanakan kunjungan industri pada instansi kesehatan atau industri yang dapat menampung atau yang telah menjalin kerja sama dengan SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang.


Dengan kunjungan industri juga diharapkan mampu menanamkan kepada siswa siswi kelas XI kompetensi keahlian Farmasi, Analis Kesehatan dan Keperawatan SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang, yaitu menanamkan sikap dan budaya kerja serta memberikan nilai tambah peserta didik agar memiliki kemampuan kompetensi yang memadai dan diharapkan selama di tempat industri para siswa dapat berperan aktif sehingga bisa mengaplikasikan semua kompetensi yang telah di dapat di sekolah dan menyerap kompetensi yang tidak ada di sekolah tetapi hanya bisa diperoleh di dunia industri.


Kunjungan industri yang kali ini diikuti oleh oleh 196 peserta dan pendamping dengan empat armada bus ini juga diharapkan akan menjadikan siswa siswi SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang akan lebih familiar dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) sehingga nantinya selepas lulus SMK menjadi sumber daya manusia (SDM) yang terlatih.


Kunjungan Industri diikuti siswa-siswi kelas XI (Sebelas) Farmasi, Analis dan Keperawatan sejumlah 185 siswa terbagi menjadi tiga objek kunjungan. Untuk kelas XI Farmasi bertempat di Sido Muncul, XI Analis Kesehatan di PT Sinar Sosro dan Rumah Sakit Ken Saras sebagai objek kunjungan kelas XI Keperawatan.


1. PT SIDO MUNCUL Tbk
ucapan selamat datang dari Sido Muncul

PT Sido Muncul Tbk bermula dari  sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di Yogyakarta,  dan dibantu  oleh tiga orang karyawan.


Pabrik baru di Klepu, Kec. Bergas Ungaran dengan luas 29 ha tersebut diresmikan tgl 11 November 2000 oleh Menkes RI dr Achmad Sujudi. Bersamaan dengan  itu Sido Muncul mendapatkan penghargaan dua sertifikat yaitu cara pembuatan Obat Tradisonal yang Baik (CPOTB) dan Cara  Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT Sido  Muncul  sebagai satu satunya pabrik jamu berstandar farmasi.


Dari sebuah industri rumahan dengan tiga orang karyawan PT Sido Muncul Tbk sekarang telah menjadi pabrik jamu ternama di Indonesia dengan 3600 karyawan. Kepuasan tergambar pada lima orang pendamping yang mendampingi 82 siswa kekas XI Farmasi SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang.


Kelima pendamping, Adi Susanto, S.Farm, Yuni Ernawati, S.Farm, Apt, Eny Yuliarsih Wulandari, S. Pd, Tri Menik Setyowati, A.Md dan Zainudin, mereka merasa puas mengunjungi satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi sebagaimana telah diutarakan salah seorang pendamping, Tri Menik Setyowati, "kami sangat puas  dapat mengunjungi PT Sido Muncul Tbk yang telah memproduksi jamu atau obat herbal yang juga telah di ekapor sampai ke Eropa itu dibuat dari bahan alami  yaitu simplisia yang didapat dari petani dan kami  melihat langsung pembuatan produk yang dimulai dari bahan mentah menjadi barang siap konsumsi".

 
Beliau juga berharap antara PT Sido Muncul Tbk dan SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang dapat menjalin kerjasama  dalam hal perekrutan karyawan agar alumninya dapat terserap di dunia kerja.


Rasa puas juga terpancar lewat komentar seorang siswa XI Farmasi B,  Sofia Anggraeni ketika ditanyai pendapatnya tentang kunjungannya di PT Sido Muncul, meskipun ada rasa kecewanya juga karena tidak dibolehkan  mendokumentasikan aktivitas produksi di dalam pabrik, "puas juga sih, karena bisa menambah ilmu dan pengetahuan,  dengan melihat langsung bagaiman memproduksi suatu obat, khususnya obat herbal mulai dari simplisia sampai menjadi obat siap edar". Demikian kesan yang disamapaikan salah seorang siswi Farmasi pasca kunjungan ke PT Sido Muncul Tbk Ungaran, Semarang.


2. PT SINAR SOSRO

 
Bu Novi dan Siswa XI AK di Sinar Sosro
Kesan dan pesan dari peserta kunjungan industri ke PT Sinar Sosro diungkapkan salah seorang siswa kelas  XI Analis Keshatan, Murni Wahyuningsih, walaupun berlangsung cepat tapi menyenangkan. Hanya saja saat menuju proses produksi (Sinar Sosro,pen) "Saya merasa kurang puas, karena dalam pemikiran saya,  di sana diarahkan ke tempat pemeriksaannya (fisik, kimia,dll) nyatanya tidak". Sedangkan kunjungan ke tempat rekreasi waktunya dirasa kurang dan berharap untuk pembagian tempat duduk bus cukup hanya tiap jurusan yang sama saja. Demikian kesan dan harapan peserta kunjungan industri dari XI Analis Kesehatan.

PT Sinar Sosro sebagaimana pabrik - pabrik lain memang melarang pengunjung mendokumentasikan proses produksi di dalama pabrik, namun sebelumnya siswa kalas XI Analis Kesehatan telah beri wawasan  dari pihak Sosro tentang sejarah, proses produksi dan macam-macam  produk yang telah dihasilkan Sosro dengan video ataupun paparan yang disampaikan oleh dua orang pemandu dari Sinar Sosro secara detail.


Sedang dari pendamping yang terdiri dari empat   orang pendamping, Novita Endang Fitriani, SKM, Nursasi, A.Md, Sugiarto, S.Pd. M.Si dan Imam Burhanuddin merasa sangat puas atas sambutan dari pihak Sosro yang telah menerimanya dengan baik dan menginformasikan semua perihal yang berkaitan dengan PT Sinar Sosro serta produk produk hasil olahannya.


Pernyataan ini sebagaimana disampaikan oleh Novita Endang Fitriani, SKM ketika menyampaikan sambutannya di ruang audotorium sinar sosro ketika menerima ucapan selamat datang. Beliau juga mengucaokan terima kasih atas sambutannya yang sangat hangat. Awal masuk saja sudah dipersilahkan untuk merasakan segarnya teh botol sosro dan mencicipi aneka minuman dari produk sosro. Adapun tugas  pendampingan di dalam proses produksi Bu Novi panggilan akrabnya menyerahkan sepenuhnya ke pihak sosro,"kami mohon maaf apabila selama kunjungan kalau ada hal yang kurang berkenan, selanjutnya untuk teknis kunjungan kami serahkan sepenuhnya ke pihak Sosro dan mohon bimbingannya selama kunjungan berlangsung".


3. RUMAH SAKIT KEN SARAS


Rumah Sakit Ken Saras adalah  tempat  yang sangat repsentatif sebagai obyek kunjungan bagi siswa siswi   untuk studi banding khususnya bagi siswa siswi keperawatan sebagaimana disampaikan oleh salah seorang pendamping, Kuswatun Khasanah, S. Pd,"RS Ken Saras sangat representatif sebagai objek kunjungan karena dengan perlengkapan yang sangat lengkap bahkan sangat memadai. Tempat yang bersih serta pelayanan yang prima". Demikian komentar salah sorang pendamping dari dua orang pendamping lainnya ( Nurhidayah, S.SI,  Edi Priyanto, S. Pd ) yang dengan perasaan bangga dan puas mendampingi 41 siswa keperawatan SMK Maarif NU Ajibarang dan Kunjungannya ke salah satu Rumah Sakit elit di semarang.


Kesan bersih dan menyenangkan disampaikan oleh seorang siswi keperawatan, Rofikoh Isnaeni setelah menyksikan langsung keberadaan Rumah Sakit yang modern dilengkapi peralatan yang canggih menurutnya sangat menyenangkan, " Rumah sakitnya sangat bersih, nyaman, tim medisnya ramah-ramah, alatnya lengkap dan canggih, bed pasien antar kelas disamakan hanya beda desain ruang " kata Rofikoh Isnaeni ketika dimintai pendapatnya tentang Rumah Sakit Ken Saras yang baru saja dukunjunginya bersama empat puluh siswa keperawatan yang lain.


Kunjungan industri kali ini  tidak terfokus pada obyek akademis melainkan juga ada unsur wisata religi di mana peserta kunjungan industri SMK Kesehatan pertama di Ajibarang ini transit di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), dan wisata sejarah Lawang Sewu di kedua tempat ini sangat dinikmati oleh siswi-siswi dengan  berfoto-foto. Dan obyek wisata Rawa Pening merupakan sebagai tempat terahir beristirahat dan berwisata, juga tempat kembali bergabungnya siswa SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang setelah terpisah menjadi tiga objek kunjungan industri setelah PT Sido Muncul Tbk (Farmasi), PT Sinar Sosro (Analis Kesehatan) dan Rumah Sakit Ken Saras (Keperawatan).


 Dengan suksesnya kegiatan industri yang telah dilaksanakan selama satu hari dua malam dengan tiga objek kunjungan dan tiga objek wisata berjalan sesuai dengan perencanan sehingga sudah sangat sewajarnya rasa syukurpun terlontar dari hati yang dalam Kepala Sekolah SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang dengan telah berhasil dilaksanakan kunjungan industri yang merupakan program akademik tahunan ini. Kunjungan industri  di tiga tempat tersebut dapat berjalan dengan  lancar serta dari ketiga pihak (PT Sido Muncul, PT Sinar Sosro dan RS Ken Saras) menerima SMK Ma'arif NU Ajibarang dengan penuh keakraban.


Dengan diadakan kunjungan industri ini beliau juga berharap ,"Siswa-siswi SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang  dapat meningkatkan pengetahuan dan  wawasan, memperoleh gambaran dan kesempatan untuk bisa mendapatkan apa yang dicita-citakan, serta dapat meningkatkan pengetahuan di bidangnya masing-masing" Demikian kesan dan harapan Kepala SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang, Adi Susanto, S. Farm, Apt. (abah-arul.blogspot.com)


Sent from Catch Notes for Android
https://catch.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.