Senin, 22 Oktober 2012

RAKERCAB PC LP MA’ARIF NU BANYUMAS TAHUN 2012





Ketua PC LP Ma'arif NU (2007-2012) (Jas Batik Ma'arif)
Banyu bening, Ajibarang (23/10/2012) : Dalam sambutan pembukaan Rakercab, Pimpinan LP Ma’arif NU Cabang Banyumas sangat menyadari banyaknya permasalahan yang harus diselesaikan untuk meningkatkan kualitas Madrasah/ Sekolah.  Sampai saat ini masih banyak pengelola pendidikan yang belum berbuat secara maksimal untuk memajukan Madrasah/Sekolah yang ditanganinya. Akibatnya banyak yang menjadi korban terutama peserta didik yang menimba ilmu di Madrasah / Sekolah.


Untuk itu pengurus LP Ma’arif NU Cabang Banyumas berharap kepada hasil Rapat Kerja Cabang yang diadakan di SMK Ma’arif NU 1 Wangon, Sabtu, 20 Oktober 2012 dapat menjadi acuan untuk melaksanakan program pendidikan pada satuan pendidikan. Pimpinan Cabang maupun Kepala Madrasah/Sekolah perlu mengembangkan sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing dengan prinsip tidak bertentangan dengan pola pengembangan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU.

Dalam ahir sambutannya Drs. Masngud MD, M.Pd yang sebentar lagi mengahiri masa jabatanya (2007-2012) mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Sekolah/Madrasah, Pengurus Sekolah/Komite Sekolah dan semua pihak yang tergabung dalam Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cabang Banyumas atas kerja sama dan dan dukungannya dalam ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan. Semoga kita dapat mewujudkan tekad yang diidam-idamkan, yaitu menjadikan lembaga Pendidikan Ma’arif NU sebagai pusat pendidikan yang mandiri, unggul dan professional dalam bingkai ahlussunah waljamaah.

Sidang-sidang Komisi

Rapat Kerja Cabang Pimpina Cabang LP Ma’arif NU Banyumas Tahun 2012 dalam agenda membagi menjadi  enam  agenda sidang :

1.    Sidang Tata Tertib
Ketua                : Drs. H. Cipto Waluyo, M.Pd
Sekretaris        : Ahlan Djamhari, S.Ag, S.Pd

2.   Laporan dan Evaluasi Program Kerja LP Ma’arif NU
Ketua                : Ahmad Thontowi, S.PdI
Sekretaris        : Busrol Khafi, S. Pt

3.   Sidang Komisi Program Kerja
Ketua                :  Sabar Munanto, S.Ag, M.Pd
Sekretaris        :  Drs. Tolkhatussarif

4.   Sidang Komisi Organisasi
Ketua                : Sudir, S.Ag, M.SI
Sekretaris        : Waluyo, S.PdI

5.   Sidang Komisi Rekomendasi
Ketua                : Sodikin, ST, M.Pd
Sekretaris        : Suhiharto, S.Pd

6.   Sidang-sidang Pleno Hasil-hasil Komisi  
Ketua                : Achmad Faris Azis, S.Ag
Sekretaris        : Um Som Sun, S. Ag


Dalam laporan kerja organisasi antara lain disampaikan bahwa sasaran program kerja PC LP Ma’arif NU Banyumas adalah sekolah /Madrasah Ma’arif NU dan Sekolah/Madrasah yang didirikan oleh warga NU yang telah menyatakan kesediaannya secara tertulis kepada LP Ma’arif NU. Pendataan Sekolah/Madrasah yang ada di PC LP Ma’arif sampai sekarang ini dengan rincian sebagai-berikut :

1.    Madrasah Ibtidaiyyah   : 128 Madrasah
2.    Madrasah Tsanawiyah :   30 Madrasah
3.    SMP                                :   10 Sekolah
4.    SMA                                :     4 Sekolah
5.    Madrasah Aliyah           :     4 Madrasah
6.    SMK                                :   11 Sekolah
7.    Perguruan Tinggi          :     1 Politeknik
8.    Madrasah Diniyah        :   89 Madrasah

Dalam laporannya juga disampaikan secara umum PC LP Ma’arif telah melakukan upaya mewujudkan seluruh program yang telah diamanatkan pada masa khidmah 2007-2012, akan tetapi karena keterbatasan kesempatan dan personal serta belum meratanya pola pandang pada pentingnya dibangun bersama komitmen kelembagaan, telah berimplikasi pada belum optimalnya pola koordinasi dan komunikasi sehingga mengakibatkan hasil yang belum optimal pula.

Gus Hasan 
Ketua PC NU terpilih (2012-2017)
Adapun amanah yang disampaikan Ketua PC Nahdlatul Ulama Cabang Banyumas terpilih, KH Maulana Hasan, S.PdI dalam sambutannyanya berharap banyak kepada PC LP Ma’arif NU kedepan. Karena disadari atau tidak LP Ma’arif merupakan ujung tombak kemandirian dan pengkaderan NU.
Banyak agenda besar menyongsong lembaga pendidikan NU tertinggi di Banyumas ini, seperti bagaimana mengkoordinasikan satuan pendidikan yang langsung di bawah LP Ma’arif, maupun satuan pendidikan yang di pondk-pondok pesantren juga yang didirikan individu warga Nahdliyin atau pun Yayasan yang nota bene warga ormas Islam terbesar di Banyumas ini.

KH Maulana Hasan, yang lebih familiar dengan sebutan Gus Hasan dalam amanah juga mewanti-wanti Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) merupakan aparat departementasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama, yang ada di tingkat Cabang.

Untuk memicu semangat kerja yang tinggi, putra dari Pengasuh PP Al Falah Tinggarjaya – Jatilawang ini memotivasi kepada jajaran PC LP Ma’arif periode mendatang untuk mematok target dalam program kerjanya. Seperti halnya PC LP Ma’arif dalam lima tahun kedepan menargetkan berdirinya 50 MI di Banyumas. “ Target 50 MI harus bisa berdiri, sehingga patokan program jelas. Dan semua itu tidak sulit yang penting ada kebersamaan,” demikian antara lain amanah Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama terpilih dalam sambutan Pembukaan Rapat Kerja Cabang PC LP Ma’arif NU Banyumas yang berlangsung di Kecamatan Wangon. (abah-arul.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.