Minggu, 22 Juli 2012

Tes Tertulis Calon KS SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang

SOAL TES TERTULIS* 
SELEKSI CALON KEPALA SMP MA'ARIF NU 1 AJIBARANG 
KAMIS, 12 JULI 2012 NAMA : ................... 

PETUNJUK : Jawablah pertanyaan-pertanyaan dan pernyataan berikut disertai dengan argumentasi-argumentasi yang logis dan tepat. 

1. Berdasarkan PP No.19 tahun 2005, Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi akademik sebagai agen pembelajaran. Adapun kompetensi yang dimaksud adslah komppetensi pedagogik, kepribadian, rofrsional dan sosial. Jelaskan masing- masing kompetensi tersebut di atas ! 


2. Saudara telah melaksanakan ulangan harian di kelas 8A yang beerjumlah 32 siswa (umpamanya). Hasilnya ada 28 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM dan 4 siswa telah mencapai KKM. Saudara juga telah melaksanakan remidi untuk 28 siswa (yang nilainya belum mencapai KKM). Hasilnya bahkan lebih jelek dari pada nilai senelumnya. Jelaskan apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan sebutkan pula solusinya ! 

3. Sebagian besar dari peserta Ujian Nasional di SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang tidak dapat mencapai passing grade (stsndar kelulusan), hal ini disebabkan input siswa yang rendah. Setujukah Saudara dengan pernyataan di atas? Jelaskan hal tersebut disertai dengan analisa dan argumentasinya yang logis ! 

4. Salah satu fungsi Kepala Sekolah adalah sebagai manager di lembaganya. Jika Saudara sebagai Kepla SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang, managemen keuangan seperti apakah yang akan Saudara laksanakan? Jelaskan ! 

5. Di sekolah Saudara terdapat guru yang belum lama dalam melaksanakan tugas di sekolah Saudara namun memiliki tingkat profesionalisme, dedikasi dan loyalitas yang melebihi guru-guru senior yang ada di situ. Ketika ada kekosongan suatu jabatan struktural, siapakah yang akan Saudara tunjuk dan diberi tugas untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut? Sebutkan alasannya ! 

6. Dalam rangka memperoleh output yang baik perlu ditunjang dengan input yang baik pula. Apa tindakan Saudara menghadapi kenyataan bahwa siswa baru yang mendaftar di SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang rata-rata di bawah nilai minimal yang diharapkan ? 

7. Buatlah Rancangan Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang ideal menurut Saudara! 

8. Apa yang Saudara ketahui tentang hubungan secara organisatoris antara SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang dengan MWC NU Ajibarang? 

9. Di samping MWC NU, juga ada MWC Ma'arif NU dan ada juga Dewan Pengurus. Dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Kepala Sekolah, kemanakah Saudara melaporkan pengelolaan Sekolah/ Madrasah pada akhir tahun pelajaran? 

10. Berdasarkan Peraturan LP Ma'arif NU, salah satu syarat menjadi guru di lingkungan LP Ma'arif NU adalah sebagai " Anggota NU atau Badan Otonom NU". Kalau Saudara menjadi Kepala SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang, apa tindakan Saudara dalam mensikapi kenyataan bahwa guru-guru di SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang tidak semuanya memenuhi syarat yang diharapkan oleh Peraturan LP Ma'arif tersebut? 

* Dibuat oleh tim pembuat soal ( Ahmad Sofyan, S.Pd dan Khafi, S.PT), Panitia Seleksi Kepala Sekolah SMP Ma'arif NU 1 Ajibarang Periode masa jabatan 2012-2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.